10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita, Bisa Atasi Nyeri Haid

Ditinjau oleh
manfaat minyak zaitun untuk wanita

Minyak zaitun dikenal luas sebagai salah satu minyak paling sehat di dunia. Minyak ini bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

Dalam artikel berikut, kami akan membahas beragam manfaat minyak zaitun untuk wanita lengkap dengan cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita

Dalam satu sendok makan minyak zaitun (15 ml), terkandung 120 kalori, 14 gram lemak, 10 gram asam lemak tak jenuh, 2 gram asam lemak jenuh, 2 miligram vitamin E dan 8 mikrogram vitamin K.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung senyawa antioksidan seperti squalene, oleuropein, oleocanthal, serta flavonoid.

Berikut adalah sederet manfaat minyak zaitun untuk wanita yang sayang dilewatkan.

1. Meredakan Nyeri Haid

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Meredakan nyeri haid

Nyeri haid merupakan salah satu masalah umum yang sering dialami oleh sebagian wanita. Jika dibiarkan, nyeri ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakannya, Anda bisa coba mengonsumsi minyak zaitun ekstra virgin saat menstruasi.

Menurut penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, kandungan oleocanthal yang terdapat dalam minyak zaitun terbukti efektif untuk mengurangi nyeri haid. Efek tersebut serupa dengan ibuprofen, obat antiinflamasi yang dijual bebas di pasaran.

2. Menyamarkan Stretch Mark

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Menyamarkan stretch mark

Ketika hamil, wanita akan mengalami perubahan ukuran tubuh secara cepat, terutama di area perut. Hal tersebut menimbulkan munculnya stretch mark. Stretch mark juga didukung oleh peningkatan hormon kehamilan yang bisa meregangkan ikatan kolagen sehingga merusak elastisitas kulit.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang kaya akan antioksidan dan vitamin E.

Menurut sebuah penelitian tahun 2022, penggunaan minyak zaitun bisa membantu mengurangi keparahan dan mencegah perkembangan stretch mark saat hamil. Meski begitu, manfaat satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sementara itu, dilansir dari American Academy of Dermatology Association, sebenarnya stretch mark mungkin dapat dicegah dengan produk yang mengandung centella atau asam hialuronat.

3. Menyamarkan Bekas Luka Pasca Operasi Caesar

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Menyamarkan bekas luka pasca operasi caesar

Pada umumnya, setiap prosedur operasi dapat meninggalkan bekas luka, begitu juga dengan operasi caesar. Meski tidak berbahaya, namun bekas luka ini dapat mengganggu penampilan.

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang bisa membantu menyamarkan bekas luka pasca operasi caesar dengan memperbaiki jaringan kulit.

Oleskan minyak zaitun pada bekas jahitan persalinan sembari memijatnya ringan. Anda juga bisa mencampurnya dengan air perasan lemon untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi (kondisi ketika area kulit tertentu lebih gelap dari warna kulit sekitarnya) pada bekas luka jahitan tersebut.

Baca juga: 7 Manfaat Minum 1 Sendok Minyak Zaitun di Pagi Hari

4. Melembabkan Kulit

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Melembabkan kulit

Tak jarang saat hamil wanita merasakan kulitnya menjadi kering. Ini disebabkan oleh peregangan kulit yang terjadi secara tiba-tiba akibat kenaikan berat badan yang signifikan. Hasilnya, elastisitas kulit jadi berkurang dan kelembaban kulit menghilang.

Minyak zaitun bermanfaat untuk membuat kulit jadi lembab. Ini dikarenakan kandungan squalene di dalamnya mampu mengunci kelembaban kulit, sedangkan vitamin E membantu meningkatkan kemampuan kulit dalam menyerap air.

5. Mengatasi Rheumatoid Arthritis

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Mengatasi rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang muncul ketika sistem imun tubuh secara keliru menyerang jaringan sehat di persendian Anda. Pada beberapa orang, kondisi ini juga bisa merusak berbagai sistem tubuh seperti kulit, mata, jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Adapun wanita lebih berisiko terkena penyakit ini dibandingkan pria. Hal tersebut diduga karena tingginya kadar hormon estrogen pada wanita yang bisa memengaruhi kerja sistem kekebalan tubuh.

Nyeri akibat rheumatoid arthritis dapat dikurangi dengan mengonsumsi minyak zaitun. Dilansir dari Arthritis Foundation, senyawa polifenol yang terkandung di dalamnya mampu melawan peradangan dan memperbaiki gejala radang sendi.

6. Menyembuhkan Lecet pada Puting Saat Menyusui

Manfaat minyak zaitun untuk wanita berikutnya yaitu dapat menyembuhkan lecet pada puting saat menyusui. Kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri dalam minyak zaitun membantu memperbaiki dan mempercepat pergantian jaringan epitel di payudara.

Manfaat ini juga didukung oleh penelitian yang menemukan bahwa mengoleskan minyak zaitun setiap hari bisa mempercepat penyembuhan lecet pada puting dibanding menggunakan krim yang mengandung lanolin.

Baca juga: Cara Minum Minyak Zaitun untuk Cegah Diabetes dan Waktu Terbaiknya

7. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Menurunkan risiko kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering dialami wanita. Penelitian menunjukkan bahwa extra virgin olive oil bisa membantu mengurangi risiko berkembangnya kanker payudara.

Ini berkat sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam EVOO yang dipercaya berperan dalam melawan kanker.

8. Menurunkan Risiko Osteoporosis

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Menurunkan risiko osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, wanita akan mengalami penurunan kadar estrogen. Kondisi ini membuat mereka berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Oleuropein, yang merupakan komponen utama minyak zaitun berperan dalam mengurangi pengeroposan tulang untuk mencegah osteoporosis. Ini mampu menjaga kepadatan tulang sehingga mendukung kesehatan tulang secara keseluruhan.

Itulah mengapa di kawasan Mediterania osteoporosis jarang terjadi, karena pola makan tradisional Mediterania selalu memiliki asupan minyak zaitun yang tinggi.

9. Menyeimbangkan Hormon

Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak zaitun berperan dalam menyeimbangkan hormon, di mana ini sangat penting bagi kesehatan wanita secara keseluruhan.

Lemak sehat tersebut bisa membantu mengatur kadar estrogen dan mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi hormonal, dan mengurangi risiko sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan endometriosis.

10. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

manfaat minyak zaitun untuk wanita
Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Sifat antioksidan minyak zaitun juga terkandung dalam vitamin E dan K, yang bisa membantu melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan kenyal sehingga membuat kulit lebih sehat.

Penelitian Universitas Oxford pada tahun 2022 juga menemukan bahwa minyak zaitun berpotensi melawan sel kanker apabila dioleskan pada kulit setelah terpapar sinar matahari.

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun secara langsung ke kulit maupun rambut atau memasukkannya dalam makanan Anda.

Baca juga: Extra Virgin Olive Oil Vs Olive Oil, Ternyata Ini Bedanya

Itulah sederet manfaat luar biasa yang ditawarkan minyak zaitun untuk kesehatan wanita. Jika Anda ingin merasakannya, mulailah dengan satu sendok makan minyak zaitun di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Tentunya imbangi dengan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Pastikan memilih minyak zaitun ekstra virgin dengan kualitas terbaik seperti AEGEA. Minyak zaitun kami berasal dari kebun keluarga turun temurun di Yunani. EVOO organik AEGEA juga terasa pedas, menandakan tingginya kandungan polifenol. Diperas dingin, tanpa disaring, tidak dimurnikan, dan tanpa tambahan bahan kimia apapun.


Refrensi

Tokuyama, Pat. “Extra Virgin Olive Oil: How It Benefits Women.” AllDayIEat.com. Diakses pada 1 Maret 2024.

Dandeleon Olive Oils. ‘The Remarkable Benefits of Extra Virgin Olive Oil for Women’s Health.’ Diakses pada 1 Maret 2024.

Chiang YF, Hung HC, Chen HY, Huang KC, Lin PH, Chang JY, Huang TC, Hsia SM. The Inhibitory Effect of Extra Virgin Olive Oil and Its Active Compound Oleocanthal on Prostaglandin-Induced Uterine Hypercontraction and Pain-Ex Vivo and In Vivo Study. Nutrients. 2020 Sep 30;12(10):3012. doi: 10.3390/nu12103012. PMID: 33008039; PMCID: PMC7599558. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7599558/. Diakses pada 1 Maret 2024.

American Academy of Dermatology. “Stretch Marks: Why They Appear.” Diakses pada 1 Maret 2024.

Solt Kırca A, Kanza Gül D. Effects of Olive Oil on Striae Gravidarum in Primiparous Women: A Randomized Controlled Clinical Study. Altern Ther Health Med. 2022 May;28(4):34-39. PMID: 34559686. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/34559686/. Diakses pada 1 Maret 2024.

Madormo, Carrie, RN, MPH. “Benefits of Olive Oil for Your Skin.” Updated on May 14, 2023. Verywell Health. Medically reviewed by Ansell, Leah, MD. Fact checked by Blackmer, Nick. Diakses pada 1 Maret 2024.

Arthritis Foundation. “Olive Oil Benefits for Arthritis.” Diakses pada 1 Maret 2024.

Mayo Clinic. “Rheumatoid Arthritis: Symptoms & Causes.” Diakses pada 1 Maret 2024.

Moral R, Escrich E. Influence of Olive Oil and Its Components on Breast Cancer: Molecular Mechanisms. Molecules. 2022 Jan 12;27(2):477. doi: 10.3390/molecules27020477. PMID: 35056792; PMCID: PMC8780060. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8780060/. Diakses pada 1 Maret 2024.

Liu H, Huang H, Li B, Wu D, Wang F, Zheng Xh, Chen Q, Wu B, Fan X. Olive oil in the prevention and treatment of osteoporosis after artificial menopause. Clin Interv Aging. 2014 Dec 2;9:2087-95. doi: 10.2147/CIA.S72006. PMID: 25506212; PMCID: PMC4259560. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4259560/. Diakses pada 1 Maret 2024.

National Institute of Child Health and Human Development (NICHD). “NICHD-funded study suggests endometriosis increases risk of high blood pressure during pregnancy.” Diakses pada 1 Maret 2024.

Alodokter. “8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita” Diakses pada 1 Maret 2024.


Tentang penulis

Saya yakin bahwa memahami manfaat minyak zaitun, khususnya untuk kesehatan, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Setiap artikel yang saya tulis, terutama tentang minyak zaitun telah melalui proses editorial yang ketat, memastikan informasi yang disajikan tidak hanya tepercaya tapi juga bermanfaat bagi pembaca.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami