Manfaat Minum Minyak Zaitun, Takaran Minum dan Waktu Terbaik

Terbukti melalui penelitian panjang, khasiat Minyak Zaitun Extra Virgin untuk mencegah penyakit kronis, melawan penuaan dini, hingga kecantikan. Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Karena itulah, banyak orang yang mengonsumsinya dengan cara digunakan sebagai tambahan pada bahan masakan. Selain itu, minyak zaitun juga aman untuk diminum. Mengonsumsi lebih dari 7 gram (>1/2 sendok makan) minyak zaitun per hari menurunkan 19% risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, 17% akibat penyakit kanker, 29% akibat penyakit neurodegeneratif, dan 18% akibat penyakit pernapasan.
Namun, pastikan jenis minyak zaitun tersebut aman untuk dikonsumsi agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. Ketahui mengapa orang meminum minyak zaitun hingga manfaat minum minyak zaitun.

Mengapa Orang Meminum Minyak Zaitun?

Diketahui beberapa masyarakat di negara-negara Mediterania meminum minyak zaitun sebanyak ΒΌ gelas (60ml) per hari.
Minyak zaitun adalah sumber lemak utama pada diet ala Mediterania, terutama jenis Extra Virgin Olive Oil (EVOO) yang kaya akan kandungan polifenol.

Tentunya alasan kesehatan menjadi salah satu alasan utama mengapa masyarakat di Mediterania meminum minyak zaitun setiap hari. Manfaatnya untuk kesehatan salah satunya sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang sesuai hasil penelitian dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker, penyakit kardiovaskular, pencernaan, hingga mencegah penuaan.

Manfaat Minum Minyak Zaitun

Beberapa hasil penelitian membuktikan konsumsi minyak zaitun dapat memberikan beberapa manfaat. Namun tentunya diikuti juga dengan pola hidup sehat lainnya. Berikut manfaat minum minyak zaitun yang bisa kita dapatkan.

Memenuhi asupan lemak sehat harian

Tiap orang disarankan untuk mendapatkan 20-35% asupan kalori dari lemak sehat. Meskipun banyak orang sudah memenuhi rekomendasi asupan lemak secara keseluruhan, mereka masih kurang dalam asupan jenis asam lemak poli tak jenuh atau Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA) dan asam lemak mono tak jenuh atau Monounsaturated Fatty Acid (MUFA). Lemak ini biasanya ditemukan dalam minyak, kacang, biji-bijian, dan sumber tumbuhan lain.

Minyak zaitun kaya akan MUFA, yang sangat bagus untuk kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Walaupun MUFA juga ditemukan dalam produk hewani, konsumsi dari sumber tumbuhan, seperti minyak zaitun, lebih menguntungkan.Dengan rutin minum minyak zaitun setiap hari, maka dapat membantu Anda untuk memenuhi asupan lemak sehat harian.

Mengatasi sembelit dan peradangan

Salah satu nutrisi penting dalam menjaga kesehatan jantung adalah asam oleat, yaitu jenis MUFA yang terkandung pada minyak zaitun. Menurut penelitian Journal of the American College of Cardiology, mengonsumsi minyak zaitun sebanyak >7g (>0,5 sendok makan) per hari dapat menurunkan 19% risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Pertama, minyak zaitun dapat membantu melumasi lapisan usus, memudahkan makanan bergerak di dalam usus besar. Kedua, kandungan nutrisinya seperti vitamin E, K, antioksidan, omega 3, dan asam oleat merangsang usus untuk berkontraksi lebih efektif, memfasilitasi pengeluaran feses yang tersumbat. Ketiga, minyak zaitun membantu meningkatkan fungsi kantong empedu dalam mencerna makanan lebih cepat dan mengurangi stres oksidatif yang mempengaruhi produksi empedu. Terakhir, ia juga berpotensi mencegah peradangan di sistem pencernaan, khususnya yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori, yang bisa menyebabkan sembelit.

Dengan demikian, minyak zaitun tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga mendukung kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Menyehatkan jantung

Salah satu nutrisi penting dalam menjaga kesehatan jantung adalah asam oleat, yaitu jenis MUFA yang terkandung pada minyak zaitun. Menurut penelitian Journal of the American College of Cardiology, mengonsumsi minyak zaitun sebanyak >7g (>0,5 sendok makan) per hari dapat menurunkan 19% risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Membantu menstabilkan gula darah

Minum minyak zaitun terutama jenis EVOO sebelum makan juga dapat membantu tubuh manusia dalam memproses gula menjadi energi sehingga gula darah menjadi lebih stabil.

Mencegah Kanker

Minyak zaitun extra virgin (EVOO) mengandung senyawa fenolik seperti oleocanthal (oleokantal), yang berpotensi mencegah dan mengobati kanker. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menghambat awal dan metastasis berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, dan gastrointestinal (pencernaan).

Oleokantal khususnya, berperan dalam menghambat enzim inflamasi COX 1 dan COX 2 yang terkait dengan perkembangan kanker, serta mendorong apoptosis (proses kematian sel terprogram) pada sel kanker.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa oleokantal memiliki efek antiproliferatif terhadap sel kanker, menghambat pertumbuhan tumor, dan mengganggu jalur sinyal yang penting untuk pertumbuhan tumor. Oleokantal juga berdampak pada protein Hsp90, yang penting untuk stabilisasi protein yang dibutuhkan oleh tumor. Efek ini menunjukkan potensi oleokantal sebagai agen anti-kanker, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi efektivitasnya pada manusia.

Mencegah Penuaan (Anti-aging)

Minyak zaitun, yang mengandung banyak asam oleat (oleic acid), sangat baik dalam membantu mengurangi gejala penuaan. David Sinclair, seorang profesor genetik dari Harvard mengatakan, oleic acid dapat memicu kerja protein bernama Sirt1 yang membantu menjaga sel-sel dalam tubuh agar tetap awet muda. Jadi, dengan sering mengonsumsi minyak zaitun organik, kita memberi tubuh kita bantuan alami untuk melawan penuaan dan menjaga kesehatan sel.

Antioksidan dalam minyak zaitun, termasuk polifenol, melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas, proses yang terkait erat dengan penuaan.

Takaran dan waktu terbaik meminum Minyak Zaitun

TAKARAN

1-3x Sendok makan (15-45ml)

FREKUENSI

1x Sehari

WAKTU TERBAIK

Pagi hari sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong

Benarkah ada efek samping minum minyak zaitun?

Apapun yang berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan gejala-gejala yang tidak diinginkan. Sejauh ini, belum ada efek samping serius yang dilaporkan. Selalu patuhi dosis yang dianjurkan.

Pertanyaan seputar minum minyak zaitun

Apakah bayi boleh mengonsumsi minyak zaitun?

Bayi boleh mengonsumsi minyak zaitun extra virgin setelah memasuki usia makanan padat (sekitar 6 bulan). Bayi berusia 6-12 bulan dapat menggunakan 10ml – 15ml minyak zaitun dalam 1 hari, dibagi menjadi 3 kali makan per hari, setiap makan tidak boleh melebihi 5ml. Untuk anak-anak berusia 1 tahun ke atas, orang tua dapat meningkatkan jumlah minyak zaitun dalam setiap makan anak hingga 10ml, tidak lebih dari 30ml per hari.
Minyak zaitun dapat menjadi sumber lemak baik, antioksidan poten, vitamin E, dan kalsium yang mendukung kekebalan imun serta menunjang pengembangan neurologis pada bayi.

Kapan waktu yang baik untuk minum minyak zaitun?

Minum minyak zaitun bisa dilakukan kapan saja, tetapi banyak yang memilih mengonsumsinya di pagi hari dengan perut kosong untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Apakah bisa overdosis minyak zaitun?

Belum ada penelitian khusus tentang tentang efek samping minum minyak zaitun extra virgin. Menurut WebMD (media kesehatan terpercaya), diet ala Mediterania yang mengonsumsi hingga 1 liter minyak zaitun dalam seminggu masih aman dan biasanya masih dapat ditoleransi. Beberapa orang mungkin akan mengalami mual (nausea).

Bolehkah minum minyak zaitun dicampur air hangat?

Minum minyak zaitun dicampur dengan air hangat diperbolehkan dan bisa meningkatkan manfaat pencernaan. Ini juga membantu dalam mengurangi rasa dan tekstur minyak.

Apakah minyak zaitun baik untuk penderita asam lambung?

Minyak zaitun, terutama jenis extra virgin, biasanya dianggap aman untuk penderita asam lambung. Namun, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah moderat karena makanan berminyak bisa memperburuk gejala pada beberapa individu. Penting untuk selalu mengutamakan pendapat ahli gizi atau dokter dalam hal diet khusus, terutama untuk kondisi kesehatan tertentu.

Extra Virgin saja tidak cukup?

Banyak beredar minyak zaitun yang mengklaim extra virgin di pasaran dan dibandrol dengan harga tinggi. Namun, ini tidak bisa menjamin keaslian dan kandungan yang terdapat di dalamnya. Cara terbaik untuk memastikan kualitas adalah melalui pengujian laboratorium untuk kadar polyphenol. Alternatifnya, dengan mengandalkan indera perasa dan penciuman, rasa pahit, pedas, dan menusuk di tenggorokan adalah tanda adanya polifenol. Untuk lebih mudahnya, wajib perhatikan hal-hal ini sebelum membeli minyak zaitun untuk diminum.

WhatsApp kami