Perawatan Rambut Kering dan Rusak dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun, kaya squalene dan asam oleat, efektif untuk melembapkan, menguatkan, dan mengurangi rontok pada rambut kering dan bercabang. Digunakan sejak lama oleh bangsa Yunani kuno, minyak zaitun membantu mengatasi rambut rontok dan ketombe. Tetapi apa efek samping minyak zaitun untuk rambut?

Manfaat minyak zaitun untuk perawatan rambut

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, asam oleat, antioksidan, serta vitamin E dan K, minyak zaitun membantu merawat rambut sehat. Baik untuk rambut dewasa maupun bayi, minyak zaitun adalah pilihan alami untuk rambut yang lebih sehat, hitam, dan lebat.

Minyak Zaitun bukan untuk penataan rambut!

Meskipun belum ada laporan terkait risiko menggunakan minyak zaitun langsung di rambut dan kulit kepala, disarankan untuk melakukan tes alergi (tes patch) sebelum mencoba.

Jangan menggunakan minyak zaitun untuk menata rambut, apalagi melindungi rambut dari paparan sinar UV matahari. Di sisi lain, produk yang mengandung ekstrak minyak zaitun sebagai bahannya, aman digunakan sesuai instruksi.

Untuk merasakan khasiat minyak zaitun extra virgin, cara terbaik adalah dengan menggunakannya dalam masakan atau meminumnya langsung.

Cara merawat rambut dengan minyak zaitun

Gunakan sebagai masker rambut seminggu sekali, lakukan setelah keramas.

1. Pilih minyak zaitun yang tepat

Jenis organik yang diolah dengan metode cold-pressed memiliki nutrisi antioksidan, vitamin E, dan lemak baik yang lebih tinggi sehingga lebih bernutrisi untuk rambut.

2. Aplikasikan pada rambut

Tuangkan secukupnya minyak zaitun pada rambut bersih, seperti Anda mengaplikasikan kondisioner atau masker rambut biasa. Pijat lembut pada bagian tengah hingga ujung rambut.

3. Hindari bagian kulit kepala

Berhati-hatilah saat mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit kepala, terutama jika kulit kepala Anda berminyak atau rentan terhadap ketombe.

4. Diamkan beberapa saat

Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan minyak zaitun meresap ke dalam rambut selama kurang lebih 15 menit.

5. Bilas hingga bersih

Bilas rambut dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan semua minyak zaitun. Anda mungkin perlu mencuci rambut dua kali untuk memastikan semua minyak tidak tersisa.

Pertanyaan seputar minyak zaitun untuk rambut

Jenis rambut apa yang cocok menggunakan minyak zaitun?

Minyak zaitun sangat cocok untuk rambut kering, rusak, mudah kusut, dan yang sering terpapar bahan kimia. Namun, efek pemakaian minyak zaitun langsung pada rambut bersifat sementara. Untuk perbaikan jangka panjang, disarankan mengonsumsi minyak zaitun extra virgin organik, termasuk dengan meminumnya. Ini membantu melembabkan, menguatkan, dan meningkatkan kilau rambut.

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan rambut bercabang?

Minyak zaitun tidak bisa membantu menghilangkan rambut yang sudah terlanjur bercabang. Namun, mengonsumsi minyak zaitun extra virgin, termasuk dengan meminumnya, dapat membantu mencegah kerusakan dan kekeringan rambut, yang sering menjadi penyebab rambut bercabang. Kandungan oleic acid, vitamin E, squalane, dan polyphenol dalam minyak zaitun berperan dalam mengikat air dan keratin pada rambut. Dengan demikian, konsumsi minyak zaitun secara teratur bisa menjadi langkah pencegahan efektif untuk menjaga rambut tetap sehat dan mengurangi risiko terbentuknya ujung rambut bercabang.

Apakah minyak zaitun bisa mengatasi rambut rontok?

Rutin mengonsumsi minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Kaya akan nutrisi seperti oleic acid, zinc, kalsium, dan vitamin E, minyak zaitun memberi nutrisi penting untuk kesehatan rambut. Kandungan antioksidan di dalamnya menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, serta meningkatkan sirkulasi darah sehingga nutrisi esensial dapat mencapai folikel rambut. Minyak zaitun juga mencegah kekeringan rambut, membuatnya menjadi tebal dan kuat.

Apakah minyak zaitun bisa membasmi kutu rambut?

Minyak zaitun diketahui dapat membantu dalam membasmi kutu rambut. Sifatnya yang licin dapat membuat kutu dan telurnya lebih mudah untuk disisir dan dihilangkan dari rambut. Namun, minyak zaitun sendiri tidak membunuh kutu, diperlukan kombinasi dengan metode lain seperti menggunakan obat kutu.

Apakah minyak zaitun bisa mengobati ketombe?

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi ketombe, tetapi bukan sebagai obat utama yang dioleskan langsung atau topikal. Ketombe sering disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau iritasi. Menggunakan minyak zaitun secara langsung di area iritasi bisa justru memperburuk kondisi karena dapat menimbulkan reaksi buruk dengan mikroorganisme di kulit. Selain itu, hindari menggunakan minyak zaitun secara topikal untuk jenis ketombe yang disebabkan oleh kondisi dermatitis seboroik. Khasiat anti-peradangan dan mempercepat pertumbuhan sel-sel yang dimiliki oleh minyak zaitun extra virgin dapat dimanfatkan dengan cara konsumsi langsung seperti lewat olahan masakan atau langsung diminum.

Sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi terhadap minyak zaitun. Jika ketombe persisten atau parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau dermatologis.

Apakah penderita psoriasis pada kulit kepala boleh menggunakan minyak zaitun?

Psoriasis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, autoimun, faktor lingkungan, infeksi, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Stres dan kondisi psikis juga sering menjadi pemicu psoriasis. Minyak zaitun extra virgin, kaya akan kandungan anti-inflamasi, bisa membantu meredakan infeksi dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang sehat. Namun, penggunaan minyak zaitun secara langsung pada kulit tidak selalu disarankan karena bisa bereaksi dengan bakteri di kulit dan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, mengonsumsi minyak zaitun extra virgin secara langsung, misalnya sebagai bagian dari diet, lebih dianjurkan untuk mendukung penyembuhan psoriasis dari dalam tubuh.

WhatsApp kami