Manfaat Minyak Zaitun Dalam Mencegah Stroke, Menurut Penelitian

Ditinjau oleh
manfaat minyak zaitun dalam mencegah stroke

Stroke adalah kondisi medis serius yang terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu atau berkurang, menyebabkan sel-sel otak kekurangan oksigen dan nutrisi.

Stroke bisa terjadi karena dua alasan utama: penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Stroke iskemik lebih umum dan terjadi ketika gumpalan darah atau plak menghalangi aliran darah ke otak. Stroke hemoragik, di sisi lain, terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah, menyebabkan perdarahan internal.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko stroke termasuk hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, merokok, diabetes, dan obesitas.

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti diet tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan risiko stroke.

Oleh karena itu, mengelola faktor risiko ini melalui perubahan gaya hidup dan diet menjadi penting dalam pencegahan stroke. Salah satunya dengan mengonsumsi minyak zaitun jenis extra virgin olive oil (EVOO) secara rutin.

Minyak zaitun muncul sebagai salah satu bahan alami yang kandungannya dapat mencegah stroke. Cari tahu lebih lanjut bagaimana minyak zaitun mampu dengan efektif mencegah hipertensi dan stroke!

Kandungan Antioksidan yang Mendukung Kesehatan Pembuluh Darah

Minyak zaitun, khususnya jenis extra virgin organik, kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, Vitamin E, dan polifenol seperti oleocanthal.

Asam lemak ini berperan penting dalam mengurangi inflamasi dan tekanan darah, dua faktor risiko utama stroke.

Selain itu, antioksidan dalam minyak zaitun mampu menangkal radikal bebas, mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh, yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke.

Efek Terhadap Kolesterol dan Tekanan Darah Penyebab Stroke

Minyak zaitun telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (“jahat”) sambil meningkatkan kadar HDL (“baik”). Kolesterol HDL yang tinggi membantu menghilangkan plak dari arteri, sehingga mencegah pembentukan gumpalan yang bisa menyebabkan stroke iskemik.

Selain itu, minyak zaitun dapat membantu mengatur tekanan darah, faktor penting lainnya dalam pencegahan stroke.

Hasil studi yang diterbitkan oleh Neurology Journals yang melibatkan 148 kasus stroke, konsumsi minyak zaitun lebih rutin dikaitkan dengan penurunan insiden stroke setelah penyesuaian variabel sosiodemografis, diet, aktivitas fisik, dan indeks masa tubuh.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun extra virgin, mereka yang menggunakannya secara intensif memiliki risiko stroke yang lebih rendah sebesar 41%.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Pencegahan Stroke

Untuk langkah awal, gantilah minyak sayur dengan minyak zaitun extra virgin organik yang lolos uji ilmiah dan bersertifikasi, seperti minyak zaitun AEGEA. Minyak zaitun dapat menjadi tambahan cita rasa yang menyehatkan pada masakan sehari-hari.

Selain itu, untuk merasakan manfaat kesehatan minyak zaitun extra virgin, dapat dikonsumsi setiap pagi sebelum sarapan 1-3 sendok makan (15-45ml).

Baca rekomendasi kami terkait 5 cara mengonsumsi minyak zaitun untuk mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.

Minyak zaitun berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah dengan menjaga elastisitas dan keutuhan dinding arteri, mencegah pembentukan plak aterosklerosis yang bisa menyebabkan stroke.

Kombinasi unik dari antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun menjadikannya bahan alami yang efektif untuk melindungi terhadap gangguan kardiovaskular, termasuk stroke.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung

Kesimpulannya, penting untuk menjaga pola hidup sehat, seperti pola diet bernutrisi, istirahat cukup, dan rutin berolahraga. Dengan menggabungkan minyak zaitun ke dalam diet sehari-hari, kita tidak hanya menikmati hidangan yang lezat, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan jangka panjang.

Khasiat minyak zaitun dalam menangkal stroke menunjukkan pentingnya memilih lemak yang sehat dalam diet kita.

Selain dapat mencegah stroke, minyak zaitun terutama jenis extra virgin organik, telah terbukti melalui beberapa penelitian dapat memberikan mafaat kesehatan lainnya karena memiliki sifat anti-inflamasi dan tinggi anti-oksidan dan lemak tak jenuh tunggal.

Baca juga: 21 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Kulit, dan Kecantikan


Refrensi

American Academy of Neurology. USING OLIVE OIL IN YOUR DIET MAY PREVENT A STROKE. Dipublikasikan 15 Juni 2011. https://www.aan.com/PressRoom/Home/PressRelease/960. Diakses pada 13 Januari 2024.

Donat-Vargas C, Sandoval-Insausti H, Peñalvo JL, Moreno Iribas MC, Amiano P, Bes-Rastrollo M, Molina-Montes E, Moreno-Franco B, Agudo A, Mayo CL, Laclaustra M, De La Fuente Arrillaga C, Chirlaque Lopez MD, Sánchez MJ, Martínez-Gonzalez MA, Pilar GC. Olive oil consumption is associated with a lower risk of cardiovascular disease and stroke. Clin Nutr. 2022 Jan;41(1):122-130. doi: 10.1016/j.clnu.2021.11.002. Epub 2021 Nov 15. PMID: 34872046. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/34872046/. Diakses pada 13 Januari 2024.

Martínez-González MA, Dominguez LJ, Delgado-Rodríguez M. Olive oil consumption and risk of CHD and/or stroke: a meta-analysis of case-control, cohort and intervention studies. Br J Nutr. 2014 Jul 28;112(2):248-59. doi: 10.1017/S0007114514000713. Epub 2014 Apr 28. PMID: 24775425. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24775425/. Diakses pada 13 Januari 2024.

Samieri, C.; Féart, C.; Proust-Lima, C.; Peuchant, E.; Tzourio, C.; Stapf, C.; Berr, C.; Barberger-Gateau, P. Olive Oil Consumption, Plasma Oleic Acid, and Stroke Incidence: The Three-City Study. Neurology 2011, 77 (5), 418-425. https://doi.org/10.1212/WNL.0b013e318220abeb. https://www.neurology.org/doi/10.1212/WNL.0b013e318220abeb. Diakses pada 13 Januari 2024.


Tentang penulis

Arya selalu menyajikan informasi yang jelas, lengkap, dan terpercaya. Setiap tulisannya direfrensi dari sumber penelitian yang kredibel untuk informasi akurat yang dapat diandalkan.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami