Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia dan sering dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat. Minyak zaitun yang dikenal sebagai ramuan kesehatan dan awet muda oleh orang Yunani kuno, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung tapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya yang dapat Anda pahami lebih lanjut.

Studi tahun 2020 dari Journal of the American College of Cardiology oleh peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun per hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 19%.

Minyak zaitun telah sejak dulu menjadi bagian penting dari diet masyarakat di negara-negara Mediterania dan dikaitkan dengan penurunan tingkat kematian dini akibat penyakit kardiovaskular, Alzheimer, dan penyebab lainnya.

Manfaat Kandungan Asam Oleat dan Polifenol Hydroxytyrosol, Penting Untuk Jantung

Minyak zaitun memiliki persentase tertinggi asam lemak tak jenuh tunggal di antara minyak nabati lainnya, yaitu asam oleat (oleic acid). Asam oleat dapat menurunkan kolesterol ‘buruk’ (LDL) dan mempertahankan kadar kolesterol ‘baik’ (HDL) sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kolesterol baik membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Asam oleat juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan mencegah munculnya risiko penyakit jantung koroner.

Senyawa fenolik, polifenol jenis hydroxytyrosol (hidroksitirosol) yang terkandung dalam minyak zaitun juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, terutama atherosclerosis atau aterosklerosis, yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri. Terlebih lagi, penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Elsevier pada Januari 2023 membuktikan bahwa ada peningkatan profil lipid yang dibantu oleh polifenol tersebut.

Untuk memaksimalkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung, ada berbagai cara mengonsumsi yang efektif dapat Anda pelajari pada halaman cara mengonsumsi minyak zaitun kami.

Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Cegah Penyakit Jantung Dengan Diminum

Selain digunakan untuk memasak atau dicampur dengan salad, untuk menambah minyak zaitun dalam pola makan harian, Anda dapat meminumnya 1-3x sendok makan atau setara 15-45 ml per hari.

Manfaat minyak zaitun dapat Anda rasakan dengan rutin mengonsumsinya dengan cara diminum langsung.

Baca juga: Manfaat Minum Minyak Zaitun, Takaran Minum dan Waktu Terbaik

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Harvard, mengonsumsi lebih dari 7 gram atau lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari dapat menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung hingga 19%.

Meski kaya manfaat, konsumsi minyak zaitun juga harus tetap terjaga dalam batas wajar dan tidak berlebihan agar terhindar dari dampak yang tidak diinginkan.

Referensi:

Guasch-Ferré, M, Li, Y, Willett, W. et al. Consumption of Olive Oil and Risk of Total and Cause-Specific Mortality Among U.S. Adults. J Am Coll Cardiol. 2022 Jan, 79 (2) 101–112. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2021.10.041

Noguera-Navarro, C., Montoro-García, S., & Orenes-Piñero, E. (2023). Hydroxytyrosol: Its role in the prevention of cardiovascular diseases. Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e12963. https://www.cell.com/heliyon/fulltext/S2405-8440(23)00170-6?_returnURL=https%3A%2F%2Flinkinghub.elsevier.com%2Fretrieve%2Fpii%2FS2405844023001706%3Fshowall%3Dtrue. Diakses pada 5 Januari 2024.

Morvaridzadeh, M.; Cohen, A. A.; Heshmati, J.; Alami, M.; Berrougui, H.; Zoubdane, N.; Pizarro, A. B.; Khalil, A. Effect of Extra Virgin Olive Oil on Anthropometric Indices, Inflammatory and Cardiometabolic Markers: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Clinical Trials. J. Nutr. 2024, 154 (1), 95-120. https://doi.org/10.1016/j.tjnut.2023.10.028.


Refrensi

Tentang penulis

Arya selalu menyajikan informasi yang jelas, lengkap, dan terpercaya. Setiap tulisannya direfrensi dari sumber penelitian yang kredibel untuk informasi akurat yang dapat diandalkan.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami