Manfaat Minum Minyak Zaitun Sebelum Tidur, Kurangi Risiko Kanker

Ditinjau oleh
Manfaat Minum Minyak Zaitun Sebelum Tidur

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minyak zaitun adalah minyak sehat yang dapat digunakan untuk memasak, dressing salad, dan lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa minyak ini juga baik untuk diminum?

Beberapa waktu belakangan, banyak video di media sosial yang menggembar-gemborkan manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur bagi kesehatan. Tapi tidak semua minyak zaitun dapat diminum, Anda harus memilih jenis: Extra Virgin Olive Oil (EVOO). Lebih bagus lagi jenis EVOO yang bersertifikat organik.

Apa saja manfaat tersebut? Benarkah hal ini benar-benar diperlukan? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel berikut.

Ini 8 Manfaat Minum Minyak Zaitun Sebelum Tidur

Minyak zaitun adalah bahan utama yang telah lama digunakan dalam diet di negara-negara Mediterania. Diet ini dianggap sebagai salah satu diet terbaik di dunia dan berkontribusi pada umur yang lebih panjang.

Terlepas dari aspek sosial dan budaya, yang menonjol dari pola makan ini adalah peran utama dari sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, keju, anggur, dan tentu saja minyak zaitun ekstra virgin sebagai bahan utamanya.

Menurut penelitian, minum minyak zaitun sebelum tidur dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan. Berikut beberapa contohnya.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Pada tahun 1990, penelitian melibatkan lebih dari 90,000 peserta yang sehat dimulai. 28 tahun berikutnya, pola makan mereka dievaluasi dengan kuesioner setiap 4 tahun. Hasilnya, yang rutin mengonsumsi minyak zaitun extra virgin punya risiko lebih rendah untuk penyakit kanker 17% dan risiko penyakit jantung 19%.

manfaat minyak zaitun

Beberapa penelitian lain mengungkapkan bahwa orang yang tinggal di wilayah Mediterania memiliki tingkat kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tinggal di tempat lain.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2011 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak minyak zaitun dalam makanannya memiliki risiko lebih rendah terkena kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.
Studi tambahan menemukan bahwa pola makan Mediterania dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Itu semua berkat senyawa polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun ekstra virgin (EVOO).

Senyawa polifenol seperti hidroksitirosol, oleuropein, oleocanthal, dan lainnya telah terbukti mengurangi peradangan, menginduksi apoptosis (kematian sel kanker terprogram), dan mempersulit sel kanker untuk bermetastasis.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah proses alami dalam tubuh yang membantu kita melawan infeksi dan menyembuhkan luka.

Penelitian dari Harvard telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun extra virgin dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Sebuah penelitian di Jepang juga menunjukkan bahwa asam oleat, asam lemak utama yang ditemukan dalam minyak zaitun, dapat mengurangi kadar beberapa penanda peradangan, yaitu protein atau lemak yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai respons terhadap peradangan. Contohnya termasuk protein C-reaktif (CRP) dan interleukin-6 (IL-6).

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah penelitian terbaru, minum minyak zaitun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kadar sitokin. Sitokin penting karena membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selama bertahun-tahun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Hal ini dibuktikan dengan orang Mediterania yang mengikuti pola makan Mediterania memiliki peluang jauh lebih rendah terkena penyakit jantung.

Menurut penelitian Journal of the American College of Cardiology, mengonsumsi minyak zaitun sebanyak >7g (lebih dari setengah sendok makan) per hari dapat menurunkan 19% risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun setiap hari lebih baik untuk jantung Anda dibandingkan menjalani diet tanpa lemak.
Meskipun pola makan rendah lemak telah dipopulerkan selama bertahun-tahun, penting untuk dipahami bahwa tubuh tetap membutuhkan asupan lemak baik yang sehat setiap hari.

Namun, agar Anda benar-benar mendapatkan manfaat minyak zaitun, Anda perlu memperhatikan jumlah harian yang disarankan. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun bisa membantu tubuh melepaskan melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun Anda, yang berarti hormon tersebut memberitahu tubuh kapan waktunya untuk bangun dan tidur.

Dengan kata lain, ini akan membantu tubuh merasa rileks dan mendapatkan ritme alami sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Di sisi lain, efek kenyang yang diberikan setelah minum minyak zaitun juga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak, dibanding Anda makan dalam porsi besar saat larut malam sehingga mengganggu pencernaan.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak zaitun ekstra virgin merupakan minyak yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan jumlah lemak yang Anda bakar sepanjang hari. Alih-alih menyimpan lemak, tubuh menggunakannya sebagai energi.

Ini juga membantu menyeimbangkan kadar insulin dalam darah dan mengurangi peradangan, di mana keduanya merupakan faktor yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Karena asam lemak tak jenuh tunggal dicerna dengan lambat, asam lemak ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah atau insulin. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari rasa lapar setelah makan dan mencegah makan berlebih di kemudian hari sehingga membantu menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan Kualitas dan Elastisitas Kulit

Manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur berikutnya adalah meningkatkan kualitas dan elastisitas kulit. Penelitian menemukan bahwa manfaat ini diperoleh karena peran minyak zaitun dalam meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi peradangan.

Kolagen memberi struktur dan kekuatan pada kulit kita, sehingga jika jumlahnya banyak, kulit kita menjadi lebih kuat. Sedangkan peradangan dapat menyebabkan jerawat, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Maka mengurangi peradangan akan mencegah munculnya kerutan yang mengganggu tersebut.

Selain itu, antioksidan dalam minyak zaitun terbukti melindungi kulit dari radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UV dari sinar matahari atau polusi sehingga dapat membantu mencegah penuaan dini.

8. Mencegah Sembelit

Manfaat lain dari minum minyak zaitun sebelum tidur adalah dapat mencegah sembelit. Seperti dikutip dari Healthline, kondisi ini bisa menyerang sekitar 34% orang dewasa di atas usia 60 tahun.

Dalam penelitian selama empat minggu, partisipan meminum satu sendok teh minyak zaitun setiap hari. Studi tersebut menemukan bahwa pasien merasakan kondisinya membaik secara signifikan. Terlebih lagi, minyak zaitun terbukti sama efektifnya dengan minyak mineral, yang biasa digunakan untuk meringankan kondisi tersebut.

Dalam penelitian lain terhadap 414 orang yang berusia di atas 50 tahun, 97,7% dari mereka yang buang air besar lebih dari 3 kali per minggu memiliki asupan minyak zaitun yang tinggi. Meski masih diperlukan lebih banyak penelitian, namun hasil ini cukup menjanjikan.

Baca juga: Manfaat Minum Minyak Zaitun, Takaran Minum dan Waktu Terbaik

Apakah Minyak Zaitun Aman untuk Diminum?

Ya, minyak zaitun aman untuk diminum. Namun perlu diingat bahwa tidak semua minyak zaitun diciptakan sama. Minyak zaitun yang aman untuk diminum hanyalah jenis extra virgin, seperti extra virgin olive oil (EVOO) AEGEA. Ini memiliki rasa pahit dan pedas yang menandakan kandungan polifenolnya tinggi.

Selain diminum Anda juga bisa mengonsumsinya bersama makanan atau memasaknya, karena minyak zaitun ekstra virgin tetap mempertahankan manfaat kesehatannya bahkan saat dipanaskan.

Baca juga: 5 Cara Mengonsumsi Minyak Zaitun

Meski begitu, beberapa merek minyak zaitun mungkin dibuat dengan buah zaitun berkualitas rendah, bahkan diproses menggunakan bahan kimia atau perlakuan panas yang bisa merusak nilai gizinya.

Jadi, pastikan Anda memilih minyak zaitun berkualitas yang nutrisinya masih terjaga. Anda bisa perhatikan label yang tertera di kemasan botol sebelum membelinya di pasaran.

Berapa Banyak Minyak Zaitun yang Harus Diminum Sebelum Tidur?

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi antara satu hingga tiga sendok makan minyak zaitun sebelum tidur. Meskipun sejauh ini belum ada laporan terkait efek samping serius minyak zaitun, namun sebaiknya tetap patuhi dosis yang dianjurkan, ya.

Kapan Waktu Terbaik Minum Minyak Zaitun?

Untuk hasil terbaik, konsumsilah minyak zaitun 30 menit sebelum tidur atau di pagi hari setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Ini memberi tubuh Anda cukup waktu untuk mencerna dan menyerap semua lemak sehat tersebut. Selain itu, pastikan untuk tidak makan selama satu jam sebelum dan sesudahnya.

Baca juga: 7 Manfaat Minum 1 Sendok Minyak Zaitun di Pagi Hari

Kesimpulan

Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak, memiliki wajah yang awet muda, atau merasa lebih sehat, meminum sedikit minyak zaitun sebelum tidur mungkin merupakan kebiasaan yang baik untuk diterapkan.

Anda dapat meminumnya langsung, menggunakannya untuk memasak, atau menambahkannya ke smoothie. Ingat, kuncinya adalah tidak berlebihan. Pastikan juga minyak zaitun yang Anda konsumsi memiliki kualitas terbaik agar mendapatkan nutrisinya secara penuh.


Refrensi

Guasch-Ferré, M. et al. (2022). Consumption of Olive Oil and Risk of Total and Cause-Specific Mortality Among U.S. Adults. Journal of the American College of Cardiology, 79(2), 101–112. https://www.jacc.org/doi/10.1016/j.jacc.2021.10.041, diakses pada 15 Februari 2024.

Psaltopoulou T, Kosti RI, Haidopoulos D, Dimopoulos M, Panagiotakos DB. Olive oil intake is inversely related to cancer prevalence: a systematic review and a meta-analysis of 13,800 patients and 23,340 controls in 19 observational studies. Lipids Health Dis. 2011 Jul 30;10:127. doi: 10.1186/1476-511X-10-127. PMID: 21801436; PMCID: PMC3199852. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3199852/, diakses pada 15 Februari 2024.

merican Friends of Tel Aviv University. (2010, August 17). SPF on your plate: Researcher connects the Mediterranean diet with skin cancer prevention. Science News from research organizations. https://www.sciencedaily.com/releases/2010/08/100816122206.htm, diakses pada 15 Februari 2024.

Yoneyama S, Miura K, Sasaki S, Yoshita K, Morikawa Y, Ishizaki M, Kido T, Naruse Y, Nakagawa H. Dietary intake of fatty acids and serum C-reactive protein in Japanese. J Epidemiol. 2007 May;17(3):86-92. doi: 10.2188/jea.17.86. PMID: 17545695; PMCID: PMC7058455. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17545695/, diakses pada 15 Februari 2024.


Tentang penulis

Saya yakin bahwa memahami manfaat minyak zaitun, khususnya untuk kesehatan, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Setiap artikel yang saya tulis, terutama tentang minyak zaitun telah melalui proses editorial yang ketat, memastikan informasi yang disajikan tidak hanya tepercaya tapi juga bermanfaat bagi pembaca.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami