Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh
Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2

Minyak zaitun dipercaya dapat menurunkan gula darah penderita diabetes tipe 2.

Menurut penelitian tahun 2022 yang dipublikasikan oleh Clinical Nutrition, mengonsumsi minyak zaitun diasosiasikan dengan adanya pengurangan risiko diabetes tipe 2 sebesar 22%.

Selain itu, suplementasi minyak zaitun pada penderita diabetes tipe 2 secara signifikan dapat mengurangi kadar HbA1c dan glukosa puasa.

Perlu diketahui, pada artikel sebelumnya kami telah membahas manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang sangat banyak. Minyak zaitun telah dikonsumsi oleh orang-orang di daerah Mediterania sejak dulu dan menjadi salah satu diet untuk umur yang panjang.

Apa itu Diabetes?

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di Indonesia setelah stroke dan jantung. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan dan merokok.

Saat kita makan, tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi gula, yaitu glukosa. Insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas, berperan menginstruksikan sel-sel di tubuh untuk mengubah glukosa tersebut menjadi energi.

Diabetes muncul ketika tubuh tidak memproduksi insulin atau insulin tidak berfungsi dengan benar, yang mengakibatkan penumpukan gula dalam darah.

Apa Saja Jenis Diabetes?

Terdapat beberapa jenis diabetes, antara lain diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes tipe 1, pankreas berhenti memproduksi insulin sehingga gula darah meningkat karena glukosa menumpuk dalam aliran darah. Ini bisa terjadi karena genetika atau infeksi virus.

Pada diabetes tipe 2, pankreas tetap memproduksi insulin namun tidak cukup atau hormon tidak bekerja dengan baik. Biasanya terjadi pada orang dewasa atau lansia, tapi bisa juga pada anak muda yang gemuk dan kurang bergerak.

Simak bagaimana minyak zaitun dapat menurunkan gula darah penderita diabetes tipe 2 di bawah ini.

Peran Minyak Zaitun Dalam Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, minyak zaitun terbukti bisa membantu mencegah diabetes tipe 2.

Dari penelitian yang dilakukan, orang yang mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak memiliki risiko 22% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang sedikit atau tidak mengonsumsi minyak zaitun sama sekali.

Kandungan asam lemak tak jenuh terutama asam oleat dan senyawa bioaktifnya, bisa menjadi bagian penting dalam diet untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Gula Darah

Dengan mengonsumsi minyak zaitun jenis EVOO sekitar 1-3 sendok makan atau 15-45 ml per hari dengan cara diminum langsung, Anda dapat memperoleh manfaat dari asam oleat yang terkandung di dalamnya, yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi inflamasi.

Kedua faktor ini berperan penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Sebelum itu, pahami lebih lanjut tentang manfaat minum minyak zaitun dan rekomendasi takaran dan waktu yang tepat.

Penting untuk diingat bahwa konsumsi minyak zaitun harus tetap dalam batas wajar untuk menghindari efek negatif yang mungkin timbul dari konsumsi berlebihan.

Tidak hanya diminum, minyak zaitun dapat dikonsumsi dengan cara lainnya seperti saat memasak atau dimakan bersamaan dengan roti.

Baca juga: 5 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun


Referensi:

Martínez-González, M. A.; Sayón-Orea, C.; Bullón-Vela, V.; Bes-Rastrollo, M.; Rodríguez-Artalejo, F.; Yusta-Boyo, M. J.; García-Solano, M. Effect of Olive Oil Consumption on Cardiovascular Disease, Cancer, Type 2 Diabetes, and All-Cause Mortality: A Systematic Review and Meta-Analysis. Clin. Nutr. 2022. https://www.clinicalnutritionjournal.com/article/S0261-5614(22)00355-7/fulltext. Diakses pada 5 Januari 2023.

Alkhatib A, Tsang C, Tuomilehto J. Olive Oil Nutraceuticals in the Prevention and Management of Diabetes: From Molecules to Lifestyle. Int J Mol Sci. 2018 Jul 12;19(7):2024. doi: 10.3390/ijms19072024. PMID: 30002281; PMCID: PMC6073199.


Refrensi

Tentang penulis

Arya selalu menyajikan informasi yang jelas, lengkap, dan terpercaya. Setiap tulisannya direfrensi dari sumber penelitian yang kredibel untuk informasi akurat yang dapat diandalkan.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami