12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan & Cara Menggunakannya

Ditinjau oleh
manfaat minum minyak zaitun untuk kecantikan

Minyak zaitun, yang merupakan hasil pemerasan dingin buah zaitun, tersedia dalam berbagai bentuk dan memiliki banyak kegunaan. Selain dikemas dalam bentuk botol untuk dicampurkan ke makanan, minyak ini juga sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan adalah mengurangi tanda penuaan.

Hal ini karena minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kelembaban kulit, efek anti-penuaan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Temukan manfaat luar biasa lainnya dari minyak zaitun dan cara menggunakannya dalam artikel berikut.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Kandungan minyak zaitun yang berkhasiat untuk kulit didapatkan dari efek antioksidan yang berasal dari squalene, oleocanthal, dan vitamin E. Berikut deretan manfaatnya.

1. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Senyawa antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun mampu melawan stres oksidatif yang berhubungan dengan penuaan kulit. Misalnya karena paparan sinar UV atau polusi yang terus menerus.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang berperan dalam membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

2. Melembabkan Kulit

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kering, maka cobalah menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab berkat vitamin E dan squalene yang dikandungnya.

Squalene berperan dalam mengunci air di kulit, sedangkan vitamin E meningkatkan kapasitas kulit untuk menyerap air.

3. Mengurangi Jerawat

Kemunculan jerawat di wajah maupun beberapa anggota badan lainnya mungkin dianggap mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan minyak zaitun.

Efek antibakteri pada minyak zaitun mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mencuci wajah secara rutin menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun.

Agar hasilnya lebih maksimal, imbangi dengan menggunakan produk perawatan khusus untuk kulit berjerawat dan menjaga kebersihan kulit.

4. Memudarkan Bekas Jerawat

Selain mengurangi jerawat, minyak zaitun juga dapat memudarkan bekasnya. Ini berkat kandungan vitamin E pada minyak zaitun yang membantu pembentukan sel kulit baru yang sehat.

5. Mengatasi Iritasi Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan lainnya adalah mengatasi iritasi kulit. Lagi-lagi, efek antioksidan dalam minyak ini berperan sebagai antiradang yang mampu mengurangi tanda-tanda iritasi seperti kulit kering dan mengelupas.

Meski begitu, terlalu banyak menggunakannya justru bisa memperburuk kondisi kulit Anda, terutama yang punya kulit sensitif. Orang dengan eksim atau psoriasis juga disarankan menghindari penggunaan minyak zaitun yang berlebihan.

6. Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan sehat tentu jadi idaman banyak orang. Nah, hal ini bisa Anda peroleh dari senyawa antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun yang mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit, Sebagai Anti-Aging

7. Membersihkan Make Up

Minyak zaitun berguna untuk membersihkan make up di wajah, sekalipun itu waterproof atau tahan air. Pasalnya, dibanding pembersih yang berbahan dasar air, minyak lebih kuat dalam mengangkat kotoran. Anda bisa gunakan minyak zaitun sebagai cleansing oil saat melakukan double cleansing.

8. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah dapat disebabkan karena kurang minum atau iritasi. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka cobalah oleskan minyak zaitun pada area bibir yang kering agar menjadikannya lembab.

9. Menyamarkan Bintik Hitam

Seiring bertambahnya usia, biasanya muncul berbagai permasalahan kulit salah satunya bintik hitam di wajah. Dalam hal ini, minyak zaitun bisa berperan membantu menyamarkan noda kehitaman karena mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan.

10. Mengatasi Luka di Sudut Bibir

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka di sudut bibir (cheilitis angular). Kondisi ini seringkali membuat penderitanya tidak nyaman saat makan maupun berbicara.

Mengoleskan minyak zaitun pada sudut bibir juga dapat mencegah infeksi akibat kebiasaan menjilati luka tersebut.

11. Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan kondisi yang sangat berbahaya. Namun hal ini bisa dicegah dengan menggunakan minyak zaitun yang mengandung squalene dan oleocanthal tinggi.

Zat tersebut dinilai mampu mencegah sekaligus memperbaiki kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari yang menjadi salah satu penyebab kanker kulit.
Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat ini. Jadi, sebaiknya Anda juga melakukan pencegahan dengan selalu memakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Melawan Sel Kanker

12. Mengatasi Puting Pecah-pecah

Puting pecah-pecah merupakan kondisi yang wajar dialami oleh ibu menyusui.

Hal ini bisa disebabkan karena teknik menyusui yang kurang tepat, ukuran pompa ASI yang terlalu kecil, atau masalah pada cara bayi menghisap puting.

Upaya mengatasi puting pecah-pecah dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun. Menurut penelitian, penggunaan minyak zaitun lebih baik dibanding minyak kelapa murni. Oleskan sebanyak 3 tetes pada kedua puting setelah selesai menyusui atau pumping.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai rangkaian rutinitas perawatan kulit Anda.

Pertama, Anda bisa berinvestasi pada produk yang mencantumkan minyak zaitun sebagai bahan utamanya. Saat ini sudah banyak produk pembersih wajah, sabun, dan pelembab yang mengandung minyak zaitun.

Kedua, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang ada di dapur Anda saat ini. Hal yang terpenting adalah pastikan minyak zaitun yang Anda beli memiliki label “extra virgin”.

1. Pelembab Wajah

Saat kulit wajah Anda terasa kering, Anda bisa mengoleskan tipis minyak zaitun ke wajah Anda setelah dibersihkan. Minyak zaitun membantu mengunci kelembaban, jadi gunakan setelah memakai lotion dan sebelum make up.

Jika Anda menggunakan tabir surya setiap pagi, oleskan sedikit minyak zaitun dengan lembut tepat sebelum tabir surya dan bersihkan sisanya.

2. Pelembab Tubuh

Sama seperti menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab wajah, Anda juga bisa mengoleskan sedikit saja minyak zaitun pada kulit tubuh setelah dibersihkan.

Lalu seka sisa minyak dengan handuk bersih agar tidak menyumbat pori-pori Anda. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Masker Wajah

Minyak zaitun juga bisa dijadikan masker. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda dapat mencampurnya dengan putih telur, madu, atau ground oats, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Dicampur dalam Makanan

Mengoleskan minyak zaitun langsung ke kulit memang baik, tetapi memasukkan minyak zaitun ke dalam makanan Anda juga tak kalah bagus. Kulit yang sehat bukan hanya tentang apa yang terlihat di luar. Ini juga tentang nutrisi yang bisa didapat kulit dari dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap hari akan mendapatkan semua vitamin, antioksidan, dan lemak sehat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit Anda dari dalam ke luar. Padukan dengan rutinitas perawatan kulit yang teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Cara Pakai yang Aman

Bingung bagaimana memasukkan minyak zaitun ke dalam makanan Anda?

Tambahkan sedikit pada salad saat makan siang atau panaskan di atas kompor sebelum Anda menggoreng salmon untuk makan malam.

Atau, jika ingin merasakan rasa dan aroma yang khas dari minyak zaitun, Anda juga bisa meminumnya secara langsung. Mulailah dengan satu sendok di pagi hari saat perut kosong. Pilihlah minyak zaitun ekstra virgin yang terbuat dari buah zaitun murni yang diperas dingin.

Seperti organic extra virgin olive oil AEGEA, produk ini sangat memerhatikan proses dalam pembuatan minyak zaitun. Minyak zaitun kami berasal dari kebun keluarga turun temurun di Yunani. Buah zaitun jenis Koroneiki 100% diolah tanpa dimurnikan dengan metode cold-pressed untuk menjaga nutrisinya.

Lihat produk: Organic Extra Virgin Olive Oil AEGEA


Refrensi

Cavallo, Alice. “Should You Drink Extra Virgin Olive Oil for Better Skin?” L’Officiel USA, 8 Jul. 2022, www.lofficielusa.com/beauty/drinking-extra-virgin-olive-oil-beauty-health-benefits. Diakses pada 8 Februari 2024.

Leonard, Jayne. “What Are the Benefits of Olive Oil for the Skin?” Medical News Today, Medically reviewed by Karen Cross, FNP, MSN, updated on July 24, 2023, www.medicalnewstoday.com/articles/321246. Diakses pada 8 Februari 2024.

“5 Amazing Benefits Of Olive Oil For Skin, Plus Expert Tips.” Mustela Mag, Mustela USA. www.mustelausa.com/blogs/mustela-mag/olive-oil-for-skin. Diakses pada 8 Februari 2024.

Madormo, Carrie, RN, MPH. “Benefits of Olive Oil for Your Skin.” Verywell Health, updated on May 14, 2023, medically reviewed by Leah Ansell, MD, fact-checked by Nick Blackmer, www.verywellhealth.com/olive-oil-skin-benefits-5095861. Diakses pada 8 Februari 2024.


Tentang penulis

Saya yakin bahwa memahami manfaat minyak zaitun, khususnya untuk kesehatan, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Setiap artikel yang saya tulis, terutama tentang minyak zaitun telah melalui proses editorial yang ketat, memastikan informasi yang disajikan tidak hanya tepercaya tapi juga bermanfaat bagi pembaca.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami