Manfaat Minyak Zaitun untuk Obat Alami Asam Urat

Ditinjau oleh
Manfaat Minyak Zaitun untuk Obat Alami Asam Urat

Asam urat, sering kali dihubungkan dengan konsumsi makanan tinggi purin seperti bayam, kacang tanah, jeroan, dan beberapa jenis seafood. Ini dikarenakan asam urat sendiri merupakan senyawa turunan dari purina dengan formula kimia C₅H₄N₄O₃.

Kadar asam urat normal dalam plasma darah berkisar antara 3,6 mg/dL hingga 8,3 mg/dL. Fluktuasi kadar asam urat, baik kelebihan maupun kekurangan, sering kali menjadi indikator adanya kondisi medis atau gangguan kesehatan pada tubuh manusia.

Penting untuk memahami bahwa ada keterkaitan antara penyakit asam urat dan kolesterol. Berdasarkan informasi dari Live Strong, sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Cardiology pada tahun 2018 menemukan bahwa tingginya kadar asam urat dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan jenis lemak darah lainnya.

Tingginya kadar asam urat dan kolesterol bukanlah hal yang bisa diabaikan dalam kesehatan karen abisa memicu penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kolesterol

Bagi Anda yang tengah berjuang dengan nyeri dan ketidaknyamanan akibat asam urat, simak penjelasan bagaimana minyak zaitun dengan kandungan polifenol dan nutrisi lainnya dapat menjadi obat alami asam urat.

Minyak Zaitun Sebagai Solusi Penderita Asam Urat

Minyak zaitun, kaya akan polifenol, menawarkan manfaat besar dalam mengendalikan asam urat.

Selain ada di dalam kandungan minyak zaitun, polifenol juga ditemukan dalam banyak makanan sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, coklat, kopi, teh, dan wine.

Polifenol sangat baik untuk kesehatan dan telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari banyak penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan kondisi otak.

Dalam kaitannya dengan asam urat, banyak studi membuktikan bahwa polifenol dapat mencegah Hiperurisemia (hyperuricemia), yaitu jenis radang pada sendi yang disebabkan oleh meningkatnya produksi kadar asam urat dalam darah.

Polifenol berperan dalam menghambat enzim yang bertanggung jawab dalam memproduksi asam urat, meningkatkan ekskresi asam urat dan mencegah reabsorpsi di ginjal, serta memodulasi komposisi bakteri baik dalam usus dan meningkatkan ekskresi asam urat melalui usus.

Selain polifenol, minyak zaitun juga merupakan sumber vitamin E dan antioksidan, sehingga minyak zaitun efektif dalam meredakan peradangan dan mengontrol kadar asam urat.

Sifat antiinflamasi dan kandungan asam lemak tak jenuhnya berkontribusi dalam mengurangi kadar asam urat yang berlebihan.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Asam Urat

Sertakan minyak zaitun dalam diet harian, baik sebagai pengganti minyak goreng, tambahan pada bahan masakan atau dalam membuat kue, maupun langsung diminum. Baca rekomendasi kami tentang 5 cara mengonsumsi minyak zaitun.

Konsumsi minyak zaitun secara teratur, 1-3 sendok makan (15-45ml) setiap pagi hari sebelum sarapan.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Pilih jenis minyak zaitun extra virgin yang telah bersertifikasi organik dan lolos uji ilmiah laboratorium, seperti minyak zaitun AEGEA. Faktor-faktor ini penting sebagai indikator kemurnian dan kualitas nutrisi yang terkandung di dalam minyak zaitun.

Baca juga: Manfaat Minum Minyak Zaitun, Takaran Minum dan Waktu Terbaik

Makanan yang Dapat Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat

Perbanyak sayuran yang rendah purin. Beberapa contoh sayuran yang baik adalah kailan, kubis, labu, paprika merah, dan bit.

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C juga penting. Buah-buahan seperti jeruk, tangerin, pepaya, dan ceri kaya akan vitamin C dan dapat membantu dalam mengelola asam urat.

Vitamin C diketahui dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah dan memberikan manfaat antioksidan yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Terhidrasi dengan Baik

Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting untuk mengurangi pembentukan kristal asam urat. Ketika darah disaring melalui ginjal, asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal urat.

Meminum cukup air membantu menjaga fungsi ginjal optimal, yang akan mencegah penumpukan kristal asam urat dan serangan asam urat. Namun, penting untuk diingat bahwa menghidrasi tubuh saja tidak dapat menggantikan pengobatan asam urat.

Kesimpulan

Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan asam urat sepenuhnya, menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat dapat menjadi alternatif jangka panjang yang minim efek samping.

Menambahkan minyak zaitun extra virgin organik, sayuran rendah purin dan buah-buahan tertentu ke dalam pola makan harian dapat menjadi strategi efektif untuk mengendalikan asam urat.

Selain itu dianjurkan minum air mineral, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur juga memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Baca juga: 21 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Kulit, dan Kecantikan


Refrensi

Rubín-García M et al. Association Among Polyphenol Intake, Uric Acid, and Hyperuricemia in a High Cardiovascular Risk Population. J Am Heart Assoc. 2022;11(20):e026053. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9673670/. Diakses pada 13 Januari 2024.

Romani A, Bernini R, Noce A, Urciuoli S, Di Lauro M, Pietroboni Zaitseva A, Marrone G, Di Daniele N. Potential Beneficial Effects of Extra Virgin Olive Oils Characterized by High Content in Minor Polar Compounds in Nephropathic Patients: A Pilot Study. Molecules. 2020 Oct 16;25(20):4757. doi: 10.3390/molecules25204757. PMID: 33081292; PMCID: PMC7587576. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7587576/. Diakses pada 12 Januari 2024.

Kuwabara, M.; Borghi, C.; Cicero, A. F. G.; Hisatome, I.; Niwa, K.; Ohno, M.; Johnson, R. J.; Lanaspa, M. A. Elevated Serum Uric Acid Increases Risks for Developing High LDL Cholesterol and Hypertriglyceridemia: A Five-Year Cohort Study in Japan. Int. J. Cardiol. 2018, 261, 183-188. https://doi.org/10.1016/j.ijcard.2018.03.045. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0167527317379275. Diakses pada 12 Januari 2024.

India TV News. Keep Uric Acid Under Control: Eat Tomatoes, Olive, Lemon, Home Ingredients. Dipublikasikan 7 Juni 2021. https://www.indiatvnews.com/health/keep-uric-acid-under-control-eat-tomatoes-olive-lemon-home-ingredients-696625. Diakses pada 12 Januari 2024.

Ten Foods to Naturally Lower Your Uric Acid Level. Dipublikasikan 2 Mei 2023. https://www.onmanorama.com/food/features/2023/05/01/uric-acid-kidney-stones-food-items.html. Diakses pada 12 Januari 2024.


Tentang penulis

Arya selalu menyajikan informasi yang jelas, lengkap, dan terpercaya. Setiap tulisannya direfrensi dari sumber penelitian yang kredibel untuk informasi akurat yang dapat diandalkan.
AEGEA Organic & Lab-tested Extra Virgin Olive Oil

Artikel terkait

WhatsApp kami