Kegunaan Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang sudah dikenal selama beribu-ribu tahun di berbagai kultur karena kandungannya yang menyehatkan dan manfaatnya yang serba guna dalam hidangan. Kadar vitamin E-nya yang tinggi menjadikan minyak zaitun sebagai senjata kuat melawn penyakit dan gejala penuaan.

Minyak zaitun memiliki kegunaan luar biasa yang memiliki multifungsi dan multi manfaat serba guna, seperti :

1. Mengatur berat badan

Walaupun tampaknya tak sesuai, minyak zaitun dapat membantu melawan kegemukan karena mengandung asam lemak penting yang dapat membantu membuang lemak yang tak dikehendaki dari sistem tubuh. Meskipun demikian, sebaliknya minyak ini tidak dikonsumsi secara berlebihan jika ingin menurunkan berat badan karena dapat menimbulkan efek samping sebaliknya.

2. Memperpanjang umur

Mitos yang berkembang ada yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun yang berkaitan dengan hidup yang lebih sehat dan umur yang lebih panjang. Kelompok masyarakat yang menggunakan minyak zaitun secara teratur memiliki catatan kesehatan yang lebih baik dibandingkan kelompok masyarakat yang menggunakan minyak hewani. Kandungan vitamin E yang lebih tinggi dan lebih stabil pada minyak zaitun, dapat menurunkan resiko stroke, serangan jantung, kolesterol tinggi, dan penyakit urat nadi. Minyak ini juga dapat menghambat resiko penggumpalan darah dan penurunan tekanan darah.

Kadar vitamin E-nya yang tinggi merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas yang menjadi faktor utama penyebab banyak penyakit, termasuk kanker. Vitamin E juga dapat meningkatkan sistem kekebalan secara umum, dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh menangkal penyakit dan infeksi. Vitamin E dalam bentuk minyak paling mudah diserap tubuh sehingga hanya sedikit manfaatnya yang hilang.

Vitamin E mempunyai sejumlah khasiat lain, yatu membantu meningkatkan penggunaan oksigen oleh sel, mengurangi gejala menopause yang tak menyenangkan, mencegah penuaan dini, menigkatkan kekuatan daya tahan tubuh, serta membantu menjaga tubuh dari penyakit akibat usia senja misalnya radang sendi.

3. Minyak zaitun untuk mengurangi efek peradangan

Minyak zaitun adalah minyak yang dapat menenangkan dan mengurangi efek peradangan. Minyak ini mudah dicerna dan mampu mendorong gerak peristaltik usus, Minyak zaitun berkhasiat mengatasi gangguan angin di dalam perut, gangguan pencernaan, rasa panas dalam perut dan sembelit, serta membantu menyembuhkan luka pada perut. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, seperti batuk dan radang tenggorokan, juga dapat diredakan dengan cara yang sama.

4. Minyak zaitun yang memperkuat

Vitamin E di dalam minyak zaitun dapat memperkuat organ-organ pokok pada tubuh, salah satunya otot. Berkurangnya vitamin E dapat menyebabkan otot mengendur dengan cepat. Vitamin E juga dapat membantu menghasilkan sel darah merah serta melindungi fungsi hormon dan kesuburan. Vitamin ini juga dapat memperkuat serta kolagen pada kulit.


=====================================

>>> Manfaat & Khasiat Minyak Zaitun Untuk Wajah, Rambut, Kulit dan Kecantikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in MInyak Zaitun and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>